Rabu, 01 Agustus 2012

2011: Tahun Lace




Bila diingat-ingat, hampir setahun lamanya aku belajar merajut (knitting). Suatu jangka waktu yang tidak sebentar. Melalui tulisan ini, aku ingin merunut pelajaran yang telah kudalami selama tahun 2011.

Saat kubuka album foto rajutanku, aku terperangah menyadari bahwa sepanjang tahun 2011 aku banyak mempelajari lace knitting. Lace knitting adalah suatu teknik merajut untuk menghasilkan rajutan berlubang-lubang atau berkerancang. Awalnya lace knitting kuanggap tidak sulit. Hanya membuat rajutan berkerancang saja. Sederhana. Tampaknya. Rupanya aku keliru. Lace knitting memiliki cara mengawali dan mengakhiri rajutan yang tersendiri. Istilahnya, cast on dan binding off tersendiri. Bahkan, merajut dengan teknik kerancang haruslah menggunakan jarum dengan ukuran 2 tingkat di atas ukuran jarum untuk merajut biasa. Selain itu, setelah selesai dirajut, rajutan dengan teknik ini harus dibentangkan dan dipasaki agar motif kerancangnya rapi dan rata. Istilahnya rajutan diblocking.

Baiklah, aku tidak akan berpanjang-panjang menjabarkan istilah teknis dalam merajut sehingga memusingkan kalian. Jadi inilah hasil belajar lace knitting-ku sepanjang tahun 2011.


1. Gaun Bayi. Gaun ini kubuat sebagai hadiah untuk bayi seorang teman.
2. Selimut Bayi. Selimut ini juga kuhadiahkan sebagai tambahan hadiah gaun kepada bayi temanku.
3. Syal. Syal ini pesanan seorang teman.
4. (Calon) Kardigan. Ya! Ini adalah bagian belakang dari sebuah calon kardigan. Hasil akhir yang aku harapkan dari calon kardigan ini adalah seperti gambar ini:


Selain mempelajari lace knitting, aku juga menambah keterampilan dalam hal merenda (crochet). Meskipun sejak SMP mempelajari keterampilan merenda, namun aku bukanlah seorang ahli. Jadi, selalu ada hal yang bisa aku pelajari untuk memperdalam kemampuan. Tahun 2011 aku mempelajari teknik broomstick, cable dan granny.

A. Broomstick adalah salah satu teknik merenda menggunakan bantuan jarum rajut. Hasilnya seperti foto-foto ini.

1. Bandana. Pada akhirnya, aku hadiahkan bandana ini kepada anak sepupuku yang berumur 10 tahun.
2. Wadah HP. Wadah HP ini yang membungkus HP-ku hingga saat ini.


B. Cable
atau kabel dalam keterampilan merenda menghasilkan efek renda tiga dimensi. Contohnya adalah (lagi lagi) calon tas tanganku ini:


C. Granny adalah renda berbentuk segi empat. Segi empat yang dirangkai dapat membentuk sesuatu, baik itu tas, baju, sepatu, selimut, atau apa saja yang dapat dipikirkan seseorang. Inilah beberapa granny hasil percobaanku. Belum membentuk apapun karena banyak benda yang ingin aku rajut dan renda.

Tentu tidak hanya itu rajutanku selama tahun 2011. Foto-foto rajutanku yang lain aku kumpulkan dalam album fotoku di flickr:

Bagaimana dengan tahun 2012 ini? Sepertinya aku masih akan terus memperdalam lace knitting ditambah mempelajari teknik cable knitting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda Mungkin Mencari Tulisan Ini:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...