Rabu, 24 Oktober 2012

Buku Merenda Baju Dengan Motif Nanas


Judul: Knitwear With Pineapple Motif
Penulis: Owako Akiyama (Kemungkinan)
Penerbit: Nihon Vogue
Tahun Terbit: 16 Maret 2009
Halaman: 92
ISBN-10: 452904677X
ISBN-13: 978-4529046770





Buku ini bersubjudul Bahasa Inggris; "Knitwear With Pineapple Pattern" (judul utama dalam Bahasa Jepang tak saya mengerti). Namun demikian, buku ini bukan buku merajut (knit), tapi buku merenda/mengait (crochet). Mungkin di Jepang pun ada kerancuan untuk istilah knit dan crochet.

Buku ini memuat 19 pola baju kerancang (crochet lace) yang seluruhnya direnda dengan motif nanas (pineapple motif). Namun jangan mengira bahwa seluruh pola baju dengan motif nanas utama berada di bagian punggung, seperti foto yang ditampilkan pada kaver buku. Hanya ada satu pola bolero dengan motif nanas lingkaran di bagian punggung dari 19 pola. Pola-pola baju lainnya menampilkan motif nanas di tepi baju atau pada keseluruhan baju atau rangkaian segi empat yang berisi motif nanas di dalamnya.

Jenis baju-baju yang ditampilkan cukup variatif, mulai dari rompi, blus, bolero, tunik, sampai kardigan. Dari 19 buah pola, terdapat 5 pola rompi, 7 pola blus, 5 pola bolero, dan 2 pola kardigan.

Sembilan pola menggunakan benang kecil (tipe lace) dengan hakpen nomor 0-2, 4 pola menggunakan benang semi menengah (tipe fingering) dengan hakpen nomor 3-4, 2 pola menggunakan benang ukuran menengah (tipe DK/Worsted) dengan hakpen nomor 5-6, dan 1 pola menggunakan benang ukuran menengah dengan hakpen nomor 4-5. Uniknya, 3 pola menganjurkan penggunaan benang bulu, benang dengan serat kilap, dan benang berhelai dua warna (twist) untuk efek yang lebih menawan.

Untuk beberapa model baju, disertakan pula foto (bukan gambar ilustrasi) langkah-langkah pembuatan motif dan cara merangkainya menjadi baju.

Pola-pola diagram baju ditata pada separuh bagian belakang buku, sementara separuh bagian depan buku berisi foto-foto hasil jadi baju. Di samping itu, sebuah kertas pola berukuran A0 berisi 3 diagram pola baju disisipkan di halaman terakhir buku.

Kekurangan buku ini --menurut saya--, tidak ke-19 pola baju kerancang berupa desain tunggal. Pola nomor 12 dan 13 sangat amat sangat mirip, perbedaan hanya pada warna benang. Pola nomor 14 dan 15 berasal dari desain yang sama, satu pola berupa blus sedangkan pola lainnya berupa kardigan. Demikian pula dengan pola nomor 18 dan 19 menggunakan desain yang sama, dengan perbedaan bentuk pola nomor 18 berupa rompi dan pola nomor 19 berupa bolero.

Namun secara keseluruhan, buku ini sangat menarik bagi saya. Baik sebagai acuan membuat baju renda kerancang maupun inspirasi motif untuk diterapkan pada bentuk lain.

Contoh baju kerancang dalam buku ini dapat dilihat di:
http://www.ravelry.com/patterns/sources/pineapple-crochet-wear-
http://www.amazon.co.jp/dp/product/452904677X/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda Mungkin Mencari Tulisan Ini:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...