Kamis, 11 Oktober 2012

Mendadak Baby Set


Satu set topi dan sepatu bayi ini proyek mendadak. Ada tetangga dekat ibuku yang anaknya baru saja melahirkan seorang bayi perempuan. Spontan, aku menawarkan untuk merajut pakaian untuk kado bagi bayi tersebut. Ibuku setuju. Jadilah aku merajut topi dan sepatu bayi ini. Pola topinya aku karang sendiri, sedangkan pola sepatu menggunakan pola saartje's booties.

Biasanya, aku lebih senang memakai pola gratis yang banyak beredar di internet. Meskipun gratis, banyak pola yang tidak kalah cantik dengan pola dari buku atau pola digital berbayar. Ada alasan khusus yang membuatku merancang sendiri topi bayi ini. Alasannya, karena grup FB Ummahat Terampil yang aku ikuti tengah mengadakan acara online "Merajut Bersama" (Crochet Along). Tema kali ini adalah segi empat granny. Koordinator memberikan dua pola granny, satu pola granny klasik dan satu pola granny bermotif bunga. Setiap peserta dibebaskan membuat apa saja dari pola granny pilihannya. Di tengah kebingunganku untuk membuat rajutan dari granny ini, ibuku menceritakan tentang kelahiran bayi perempuan dari anak ibu I. Pas! Pucuk dicinta ide tiba! Aku langsung memutuskan membuat topi bayi dari motif granny berbunga. Sebagai tambahan kado, aku membuat juga rajutan sepatu bayi. Sebenarnya, aku ingin membuat sepatu dari pola granny juga, agar kadonya serasi. Tapi terlalu sulit bagiku membuat sepatu dari motif granny. Jadi ide membuat sepatu bayi bermotif granny pun batal.

Maka, terciptalah topi "Nitri's Baby Set". Berbahan benang katun halus tebal, topi ini menjadi lembut dan sejuk dikenakan. Sepatu bayi pasangannya juga menggunakan benang dan paduan warna yang sama.

Anda ingin membuat topi rajutan renda sendiri yang mirip dengan topi ini? Berikut langkah-langkah pembuatannya.
  1. Buat motif granny sebanyak yang diperlukan untuk ukuran lingkar kepala. Lebih kecil sedikit lebih baik, karena topi dapat melar sendiri nantinya.
  2. Sambung motif-motif granny sehingga berbentuk lingkaran. Aku menyambung antar motif dengan tusuk mattres.
  3. Buat rib pada bagian bawah topi dengan tusuk mock.
  4. Kerjakan puncak topi. Baris pertama dan baris ganjil lainnya menggunakan tusuk hdc berkeliling. Untuk baris kedua dan baris genap lainnya, buat tusuk pengurangan (decrease). Kerjakan sampai panjang topi 13cm-14cm dari bagian rib. Pada baris terakhir, tutup lubang dengan cara menarik sisa tali melalui tusuk-tusuk paling akhir.
  5. Kerjakan hiasan tepi topi. Buat renda rajut dengan pola renda tepi yang disukai.
  6. Tambahkan hiasan lainnya bila ingin.

Oh ya, topi ini juga bisa dipesan buat. Silakan memesan melalui fb toko online rajutanku:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda Mungkin Mencari Tulisan Ini:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...