Minggu, 02 September 2012

Sarung Tangan Daun Gugur


Merajut sarung tangan ini lebih mudah dari yang aku bayangkan. Jempolnya tidak sulit, reliefnya terlihat luwes dan sempurna. Mungkin kemudahan itu karena sarung tangan ini dijahit kedua sisinya, tidak melingkar.

Dulu, setiap kali aku melihat pola sarung tangan, muncul ketakutan untuk merajutnya. Hatiku ciut membayangkan pembuatan jari jemarinya. Pasti repot sekali, begitu pikirku. Inilah yang membuatku mundur dari belajar merajut sarung tangan. Namun, memelihara ketakutan tidak akan membebaskan kita dari rasa takut, bukan? Maka aku memutuskan untuk mempelajarinya pelan-pelan. Untuk mengawalinya, aku mencari pola yang mudah tapi menarik. Model yang menarik itu penting, agar aku tidak bosan merajut di tengah pengerjaan. Setelah sibuk memilih-milih pola sarung tangan hangat, aku memutuskan merajut sarung tangan ini, "fingerless gloves" yang didesain oleh Marylin Loose. Motif kabel yang menjadi aksennya tidak membuatku surut. Motif kabel itu mudah dibuat asalkan sabar mengerjakannya. Untuk membuatnya, ada alat bantu bernama jarum kabel. Tapi, tanpa bantuan jarum kabel pun motif kabel dapat dibuat. Aku tidak pernah menggunakan jarum kabel untuk membuat kabel. Aku memakai metode permainan jarum untuk membuatnya. Konon, cara ini lebih praktis dan cepat dibandingkan menggunakan jarum kabel. Untuk mengetahui cara membuat kabel tanpa jarum kabel, silakan mengunjungi halaman ini.

Setelah rajutan yang menyenangkan ini, sepertinya aku cukup berani untuk merajut sarung tangan dengan metode melingkar. Suatu langkah kecil lagi sebelum belajar membuat sarung tangan dengan lima jari. Keterangan teknis lebih lengkap tentang sarung tangan ini dapat dibaca di:
http://www.ravelry.com/projects/nikinput/fingerless-gloves

4 komentar:

  1. hwaaa buku rajutnya banyaaaaaak
    #liat hetsot :D

    aq pengen bikin manset pake knit deh someday :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak tapi belum sempat dibaca =D

      gampang banget lhoooo... apalagi model yang jahit sisi, cuma bikin lembaran terus dijahit pake mattres stitich ^^

      Hapus
  2. Balasan
    1. kenapa, ya? apa karena dimoderasi?
      sekarang moderasi komentarnya udah aku ilangin ^^

      Hapus

Anda Mungkin Mencari Tulisan Ini:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...